Ad Code

Responsive Advertisement

Jika sebuah buku terbentuk dari

Jika sebuah buku terbentuk dari kertas, tinta, dan isi gagasan yang dituangkannya; apakah itu berarti juga menunjukkan bahwa yang lebih mendasar di antaranya adalah mesin cetaknya, ke(ber)adaan penerbit, seri ISBN, penulis, intervensi rezim (lanskap sosio-politik), atau malah sesuatu yang lebih intim dari itu: kemampuan membahas(akan)nya.

Mungkinkah bila salah satu elemen di antaranya raib, maka wujud dari sebuah buku bukan masih sebagai barang gaib? Alias hanya sebuah khayalan tak berseri-rona, sebuah imajinasi suci yang tak teresentuh oleh pembaca....

Aku menyeduh kopi, di antaranya ada gelas sebagai wadah, air panas, gula secukupnya, sendok untuk mengaduknya, dan keriangan rasa untuk menyeruputnya. Bila di antaranya tiada, mungkinkah kopi tetap ada sebagai kawan merokok kita---bukan sekadar imajinasi sublim yang terbubuh dalam seni? Apakah paduan di antaranya adalah keharusan atau kelaziman? Sesuatu yang dibiasakan dalam kategori ekstrem “penentuan hidup” yang begini-begitu saja?

Aku ingin mewadahi kopi di cobek, mustahilkah untuk bisa menyeduhkan air panas dan mengaduknya? Kopi yang ditaruh di panci tidak estetik dan etik(et)kah bila disuguhkan ke tamu? Akankah ditertawakan bibir seseorang yang menyeruput kopi di panci, bukan di lapik?

... Itulah suatu protokol rumit yang membuatku untuk tidak mengamankan pengamatan pada sebuah kelaziman, sebuah keanehan syar‘i, yang melabrak prahipotesis (gampangan dan simplistis) untuk menggeliatkan diri agar lekas awas dan saksama terhadap anomali, keseriusan yang ganjil, parodi ilmu, rentetan ironi, ketidakhadiran pakem, supralegalistis, dan segala sengkarut yang membalut sang subjek yang memikat, menggoda, dan membujuk-rayu melalui diplomasi intelektual cekakaan.

Hahaha! Ini akan menjadi sebuah riset yang tidak serius-serius amat, hanya perlu pasang rona sedikit mencureng untuk memuslihati rigiditas akademis, tetapi merangsangku untuk menumpahkan gelak-tawa dalam batin, “Xixixi”. 

*19/2/2019




Posting Komentar

0 Komentar