Alkisah, pada suatu malam, Nasruddin Hoja diundang untuk menghadiri pesta tetangganya. Sebagai seorang tetangga yang ramah, Nasruddin beranjak untuk mendatanginya. Dia memilih-milih pakaian apa yang tepat untuk menghadiri pesta tersebut. Kemudian ia memilih untuk memakai satu jubahnya yang sudah tampak usang. Itulah satu-satunya jubah kesayangannya.
Ketika tiba di rumah pesta, semua orang hanya
meliriknya, tak satu pun orang yang menyambut dan mengelu-elukannya. Begitu
juga dengan si tuan rumah. Nasruddin menyadari hal apa yang membuatnya
dicampakkan. Kemudian ia bergegas pulang. Sesampai di rumah, ia melepas jubah
usang kesayangannya dan memakai sebuah jubah indah yang masih baru. Lalu ia
berangkat kembali ke rumah pesta.
Dapat dinyana, ketika ia masuk pintu, hampir setiap
orang menyambutnya dengan senyum ramah. Malahan, si tuan rumah menyilakan
Nasruddin untuk duduk di kursi spesial dengan perjamuan makanan-minuman yang
lezat dan mewah. Ia duduk barang sebentar, kemudian berdiri. Lekas-lekas ia
melepas jubahnya dan menaruhnya di atas meja, sehingga hanya bertelanjang dada.
Tak syak, para tamu tentu heran melihat perlakuan
Nasruddin yang eksentrik seperti itu. “Hei jubah, silakan nikmati hidangan itu!”
seru Nasruddin pada jubahnya. Para tamu dan si tuan rumah tercengang
melihatnya. Salah seorang tamu memberanikan diri untuk bertanya. “Apa yang
sedang kau lakukan, Nasruddin? Apa kau sudah gila?”
Nasruddin menoleh, “Tidak, aku baik-baik saja. Kalian
semua tentu masih ingat, ketika kali pertama aku datang dengan mengenakan jubah
usangku, semua dari kalian tak satu pun yang mengindahkanku, tak seorang pun
yang menyambutku. Tetapi ketika aku berganti jubah—jubah indah yang masih baru
ini,” sembari menunjuk ke jubahnya, “Kalian menyambutku dengan ramah. Bahkan si
tuan rumah menyilakanku untuk duduk di kursi spesial ini dan menyuguhkanku
hidangan yang lezat dan mewah. Jadi, itu berarti kalian semua hanya menyambut
jubahku. Dan si tuan rumah menyuguhkan makanan dan minuman untuk jubahku, bukan
untukku.”
Apa yang dialami Nasruddin tersebut menyingkapkan
psikopatologi sosial kepada kita. Di tengah-tengah modernitas dan kemewahan, mindset
kita acap kali memandang seseorang dari pakaiannya, penampilannya, atau segala
atribut dan aksesoris yang dikenakannya. Padahal, benar-benar tidak cukup bahwa
apa yang tampak secara lahiriah dari orang tersebut mewakili keseluruhan
dirinya. Sehingga, kita tidak punya sedikit pun kemampuan untuk menjadikan
penampakan lahiriah—memakai kemeja merek mutakhir, jam tangan mahal, dandanan
rapi, mobil mewah, dan semisalnya—sebagai tolok ukur dari martabat, harga diri,
dan kemuliaan seseorang.
Di dalam Al-Qur’an, Tuhan telah berfirman, yang
artinya:
“Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu
di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah
Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Al Hujurat: 13).
Ayat tersebut cukup menggamblangkan bahwa kemuliaan di
sisi Tuhan dilihat dari ketakwaannya. Kalau kita menadaburi ayat tersebut,
justru Tuhan sedang mengajarkan kepada kita agar kita melihat seseorang dari
sisi Tuhan, agar kita hanya dapat melihat kemuliaan seseorang dari segi
ketakwaannya, alih-alih pada penampakan lahiriahnya. Di sinilah pergaulan
sosial kita digembleng untuk tidak pilih kasih berteman atau berkarib dengan
orang-orang yang kita kira mulia dari segi lahiriah semata.
Dalam disiplin tasawuf, penampakan lahiriah hanyalah
kulit dan daging yang sama sekali tak bisa kita jadikan patokan baku untuk
menilai seseorang. Sebab, tempat ketakwaan ada di dalam hati seseorang, di
kedalaman ruang batinnnya yang juga akan menyeruak ke sikap dan perilaku
sosialnya. Hanya saja, sikap dan perilaku sosial tersebut sungguh tidak
berkaitan dengan nasab keluarga, model kemeja, merek jam tangan, tempat kerja,
dan harga sepatu kita.
Makanya, Mawlana Rumi pernah menyindir, “Saat kautemui
kekasihmu, akankah kauciumi bajunya?” Apakah kita menemui bajunya, jepit
rambutnya, sepatunya, dan aksesori-aksesorinya? Tentu saja tidak, kan? Sebab
kita sedang menemui yang terbungkus di dalamnya, si pemakai baju.[]
*4/5/2020 pernah ditayangkan di arrahim.id; https://arrahim.id/aa-tp/si-nasruddin-atau-jubahnya-pelajaran-bagi-kehidupan-sosial-kita/
0 Komentar