Ad Code

Responsive Advertisement

Apa sih kritik itu?

Apa sih kritik itu? Akhir-akhir ini kita rasanya seperti tercegat dan tercegah untuk mengucapkan kritik. Pembungkaman-diri terhadap upaya mengkritik selalu bertolak dari kegamangan lantaran kebingungan memahami apa itu kritik. Adagium yang berserakan bahwa “kritik itu harus konstruktif” atau “kritik itu harus solutif” menjadi bahan baku dalam mencegat “kekuasaan-diri”.


Kata kritik sendiri secara etimologis memiliki akar kata Yunaninya kριτική yang berarti “daya menilai/menjustifikasi seseorang atau sesuatu”—tak kurang dan tak pernah lebih. Di samping itu, penting dicatat lekas-lekas bahwa kritik memiliki pengertian terminologis “upaya mengevaluasi sesuatu dengan cara analitis”. Kata kunci yang perlu kita kantongi cepat-cepat adalah “dengan cara analitis”.

Kata “analisis” sendiri secara bahasa adalah analuein­­ yang memiliki arti “mengendorkan” atau bahkan “membedah satu per satu” dan “membongkar”. Jadi, tampak teramat sangat rancu ketika kita mengalami kiamat linguistik yang absurd bahwa kritik itu harus membangun. Tidak! Itu bukan lagi kritik. Kritik adalah upaya membongkar dan menghancurkan, bukan membangun atau apalagi memuji-muji.

Munculnya pergeseran pemaknaan kata kritik menurut saya berasal dari invasi dan infiltrasi para pemegang kekuasaan—dalam bentuk apa pun itu, semisal dalam bentuknya yang sederhana: “kepala keluarga” atau “ketua kelas”. Setiap pemegang kekuasaan atau otoritas sering khawatir untuk dibongkar karena pembongkaran itu dapat berdampak menggoyang kekuasaannya dan menggoyahkan apa yang dikuasainya.

Oleh sebab itu, mereka mencegat dan mencegah setiap upaya kritik (dalam makna asalinya) dengan cara pemelintiran dan pemanipulasian lebenswelt kita atas pemaknaan bahasa dengan adagium-adagium absurd bahwa kritik itu harus konstruktif. Saya tandaskan sekali lagi bahwa itu kesalahan etimologis serta terminologis yang tak dapat diragukan, dan sungguh, kritik itu bermakna sebaliknya: bersifat merobohkan atau “destruktif” (de-struere), dan akan selalu bersifat seperti itu.

12/10/2023

Posting Komentar

0 Komentar