Ad Code

Responsive Advertisement

Kiat Sukses Hancur Lebur, buku favorit dalam hidupku [bagian satu]

Kiat Sukses Hancur Lebur, satu-satunya magnum opus Martin Suryajaya, setidaknya menurutku, berhubung hanya itu bukunya yang kupunya, selalu mereposisiku ke titik nadir epistemologi.

Buku yang ditulis dengan gaya yang entah datang dari antah-berantah bagian mana ini menyodorkan paradigma film horor untuk merompalisasi “struktur-atas” dan “struktur-bawah”, kanan-kiri-segitiga-kotak, dan beragam variannya, yang khas mengingatkanku secara arkeologis pada sebuah cara untuk memasukkan kode GTA (Grand Theft Auto) saat aku masih bocah yang sedang bermain PS (PlayStation) di rental dekat rumah.

Kode tersebut juga, tak kuduga, melalui skrutinisasiku yang jeli pada karya ini, ternyata berfungsi untuk mencandrakan kehidupan sebagai komplotan kekumpritan. Karya yang menggebrak “dunia lain” secara luar-dalam ini memang amat mendalam sehingga menjadi avant-garde yang mengastrasi motivator dan tukang kompresor yang berkutik pada kesuksesan borgolian semata. Sebab, Kiat Sukses Hancur Lebur ini memanuverkan nubuat holografis yang rentan membawa pembaca benar-benar pada kondisi hancur lebur dengan sangat sukses.

*24/5/2021



Posting Komentar

0 Komentar